ABSTRAK
ABSTRAK
Adopsi e-commerce oleh usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan
salah satu faktor kunci kesuksesan bisnis. Oleh karena itu penting bagi kita untuk
mengetahui manfaat adopsi e-commerce serta faktor penghambat dan pendorong
adopsi e-commerce untuk UKM. Laporan ini merupakan hasil penelitian
mengenai adopsi e-commerce bagi UKM.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik pengambilan data berupa
survei yaitu menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data kuantitatif dan
wawancara langsung untuk mendapatkan data kualitatif mengenai adopsi
e-commerce oleh UKM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM sudah mulai melakukan
adopsi e-commerce untuk menunjang proses bisnisnya. Meskipun tingkat
pemanfaatannya berbeda-beda namun secara umum adopsi e-commerce mampu
memberi manfaat positif bagi peningkatan kinerja UKM. Hasil penelitian ini
juga menunjukkan bahwa faktor biaya masih menjadi kendala utama dalam adopsi
e-commerce. Sedangkan pelayanan pelanggan merupakan faktor pendorong
utama bagi UKM untuk melakukan adopsi e-commerce. Dengan mengambil studi
kasus UKM sektor perbankan di kota Depok, penelitian ini mampu memberi
gambaran tentang adopsi e-commerce oleh UKM khususnya di sektor perbankan.
Kata kunci : Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
x + 97 halaman; 41 tabel; 34 gambar; 5 lampiran
Daftar Pustaka: 21
|