ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Muhammad Faruq Ulinuha
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Perancangan E-Dealer Sebagai Acuan Implementasi E-Business
Pada Bisnis Dealer Kendaraan
Peran Internet saat ini telah banyak memberikan manfaat di dalam bisnis,
mulai dari peningkatan efisiensi waktu, komunikasi dan kolaborasi yang lebih
baik, hingga pencapaian efisiensi biaya yang signifikan. Melihat potensi ini, pihak
manajemen CV.X tertarik untuk memperluas pangsa pasar bisnis melalui
pemanfaatan Internet dengan membangun sebuah solusi E-dealer. Berdasarkan
inisiatif tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yakni merancang solusi E-dealer
yang tepat yang dapat dijadikan acuan pengimplementasian e-business pada bisnis
dealer motor CV.X.
Perancangan solusi E-dealer diawali dengan membangun strategi bisnis
yang cocok untuk diterapkan pada E-dealer. Strategi tersebut dibangun
berdasarkan hasil analisis terhadap tren, pelanggan, persaingan di dalam industri,
dan kondisi bisnis saat ini meliputi faktor internal yakni kekuatan dan kelemahan
perusahaan maupun faktor eksternal yakni peluang dan ancaman yang ada di
dalam industri. Fungsionalitas yang ada pada solusi E-dealer diturunkan dari
peluang-peluang yang dapat diberikan kepada pelanggan berdasarkan prosesproses
yang dilakukan dengan mengacu pada value proposition yang dibangun.
Perancangan solusi E-dealer dilakukan menggunakan pola-pola e-business yang
terdiri dari arsitektur konsepsual, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknis.
Kata Kunci: e-dealer, e-business, pattern
xiii + 112 halaman; 29 tabel; 48 gambar
|