ABSTRAK
ABSTRAK
Hasil yang ingin dicapai pengguna merupakan alasan kenapa mereka
membeli atau menggunakan suatu layanan. kondisi yang sama berlaku pada
layanan TI . nilai dari suatu layanan TI kepada pengguna sangat bergantung pada
seberapa bagus suatu layanan dapat memfasilitasi hasil ini. seiring dengan
semakin tingginya tingkat dependensi organisasi kepada layanan TI maka semakin
tinggi pula urgensi implementasi manajamen layanan TI. manajemen layanan TI
merupakan komponen yang memungkinkan penyedia layanan untuk memahami
layanan yang mereka sediakan, memastikan bahwa layanan tersebut benar-benar
memfasilitasi hasil yang akan dicapai oleh pengguna dan untuk mengelola biaya
serta resiko yang berkaitan dengan layanan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk
merumuskan model perencanaan implementasi manajemen layanan TI mengacu
pada standard dan kerangka kerja manajemen layanan TI, ISO 20000 dan ITIL.
hasil dari penelitian ini mendefinisikan proses-proses apa saja yang harus
dilakukan untuk merencanakan manajemen layanan TI yang merupakan bagian
dari siklus Plan-Do-Check-Act implementasi manajemen layanan TI.
Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, Rencana Implementasi
xvii + 80 halaman; 18 gambar, 13 tabel, 5 lampiran;
Daftar Acuan: 24 (2002-2008)
|