Skripsi ini merupakan hasil dari sebuah riset Sistem Informasi yang membahas perbedaan e-customers di kalangan civitas academica Universitas Indonesia (UI), kaitannya terhadap perilaku online purchasing. Sebanyak 174 e-customers ikut berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan e-customers di kalangan civitas academica UI, dalam hal intensitas penggunaan Internet, kepuasan, self-efficiacy, perceived ease of use, perceived usefulness, attitude, dan intention to buy, kaitannya terhadap perilaku online purchasing. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian Blanca, Julio, dan Jose yang juga melakukan penelitian yang sama dengan sampel e-customers di Spanyol, sehingga penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah model tersebut, yang telah dimodifikasi, dapat diimplementasikan untuk menganalisis perbedaan e-customers di kalangan civitas academica UI. Untuk memudahkan analisis, e-customers dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu potential, new, dan experienced e-customers. Pengujian model penelitian dilakukan dengan cara menguji validitas model menggunakan pearson product moment dan menguji reliabilitas model menggunakan cronbach alpha. Analisis data menggunakan one-way ANOVA dan Scheffe’s tests. Berdasarkan hasil dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam hal perceived usefulness, attitude dan intensitas menggunakan Internet, kelompok potential e-customers secara signifikan berbeda dengan kelompok new dan experienced e-customers, seiring dengan keinginannya untuk memperoleh pengalaman shopping secara online, dimana kelompok new dan experienced e-customers cenderung memiliki kesamaan dalam hal-hal tersebut. Sedangkan dalam hal kepuasan, self-efficiacy, perceived ease of use, dan intention to buy, ketiga kelompok tersebut memiliki perbedaan yang signifikan satu sama lainnya.