ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Nur Suri Hapsari
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Perencanaan Strategis SI/TI
Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) merupakan institusi pemerintah
yang bertanggung jawab terhadap sistem pendidikan nasional (seperti tercantum
dalam Rencana Strategis Depdiknas 2005 – 2009). Sama halnya dengan institusi
pemerintah yang lain, Depdiknas juga dituntut untuk dapat meningkatkan
efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugasnya.
Oleh karena itu, Depdiknas beberapa tahun ini telah mengimplementasikan sistem
informasi (SI) / teknologi informasi (TI) yang diharapkan akan dapat memberikan
beberapa nilai manfaat berikut, yaitu terotomatisasinya berbagai proses kerja serta
semakin cepat dan mudahnya proses pengumpulan, pengolahan, pendayagunaan,
dan transmisi/diseminasi data dan informasi.
Pada kenyataannya, implementasi SI/TI di Depdiknas belum dapat memberikan
nilai manfaat yang diharapkan secara optimal dan bahkan menghasilkan beberapa
hal yang bersifat kontraproduktif, seperti terbangunnya beberapa aplikasi yang
tidak terintegrasi sehingga menghasilkan data dan informasi yang tumpang tindih
(data satuan pendidikan, peserta didik, sarana prasarana, pendidik, dan lain
sebagainya) tetapi bernilai data yang berbeda, tidak terpenuhinya beberapa jenis
data dan informasi yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan,
SI/TI dalam pengimplementasiannya masih bersifat ad-hoc (ditujukan hanya
untuk memenuhi kebutuhan masing-masing unit kerja, bukan kebutuhan yang
terintegrasi dari seluruh unit kerja). Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan
untuk menghasilkan usulan rumusan perencanaan strategis SI/TI yang selaras
dengan Rencana Strategis Depdiknas dan berdasarkan atas kebutuhan
pengimplementasian SI/TI yang terintegrasi dari seluruh unit kerja Depdiknas.
Sehingga, diharapkan pengimplementasian SI/TI di Depdiknas menjadi semakin
efektif dan efisien, serta tidak hanya dapat membantu Depdiknas dalam memenuhi
beberapa tuntutan yang telah disebutkan di atas, tetapi juga memberikan
kontribusi yang besar dalam pencapaian tujuan strategis Depdiknas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus (case study qualitative
research). Model perencanaan SI/TI yang diterapkan mengadopsi kerangka pikir
dari Ward and Peppard. Selain itu, metode/teknik analisis yang digunakan di
antaranya adalah metode analisis CSF, SWOT, Value Shop, PDCA, dan portofolio
aplikasi (Strategic Grid) dari McFarlan.
Hasil usulan perencanaan strategis SI/TI pada penelitian ini adalah merupakan
integrasi dari 3 (tiga) macam strategi, yaitu strategi SI, strategi TI, dan strategi
pengelolaan SI/TI. Yang menjadi strategi SI adalah 1) Mengintegrasikan berbagai
aplikasi yang dibutuhkan dalam mendukung proses kerja; 2) Mengganti aplikasi
vii Universitas Indonesia
yang masih bersifat stand alone (legacy system) menjadi aplikasi berbasis web
dan melakukan pengembangan aplikasi yang baru dengan berbasis web; 3)
Melakukan pengembangan aplikasi pelaksanaan kegiatan dan aplikasi manajemen
pelaksanaan kegiatan pembangunan pendidikan; 4) Melakukan pengembangan
sistem pendukung pengambilan keputusan; dan 5) Mengintegrasikan website dan
meletakkan titik pengaksesan aplikasi berbasis web pada satu portal website.
Sementara itu, yang menjadi strategi TI di antaranya adalah 1) Menyusun
prosedur pengembangan aplikasi; 2) Menyusun prosedur change management
pengimplementasian produk SI/TI; 3) Menyusun prosedur pengadaan proyek
SI/TI; 4) Menyusun prosedur penanganan bencana beserta keberlanjutan proses
kerja; 5) Menyusun prosedur pengembangan kompetensi SDM di bidang TI; dan
6) Mengembangkan infrastruktur TI yang mengacu pada prinsip-prinsip
pengembangan infrastruktur TI yang bersifat adaptif (fleksibel). Kemudian, yang
menjadi strategi dari pengelolaan SI/TI di antaranya adalah 1) Menetapkan
kewenangan dan mekanisme pengumpulan data pendidikan; 2) Melakukan
restrukturisasi organisasi TI Depdiknas; dan 3) Membentuk komite koordinasi
pengelolaan SI/TI di Depdiknas.
Kata kunci: Perencanaan Strategi Sistem Informasi/Teknologi Informasi,
Departemen Pendidikan Nasional
xvii+168; 54 gambar; 19 tabel; 5 lampiran;
Daftar acuan: 27 (1995 – 2009)
|