ABSTRAK

Sebagai perusahaan raksasa di bidang telekomunikasi, Telkomsel membutuhkan sebuah media yang dimanfaatkan untuk bertukar informasi secara internal. Aplikasi CMS (Content Management System) berbasis web yang dijalankan pada intranet menjadi pilihan Telkomsel untuk dijadikan media yang memfasilitasi komunikasi antar karyawannya. Aplikasi yang dimiliki Telkomsel tersebut bernama WartaHALO. Fungsi utama dari aplikasi WartaHALO adalah sebagai access point terhadap segala jenis informasi yang digunakan oleh seluruh Customer Touch Point (CTP) yang antara lain adalah: call center, gerai, grapari, dan plasa. Aplikasi WartaHALO memiliki beberapa kelemahan yang antara lain adalah tampilan yang kurang menarik, manajemen database yang buruk sehingga banyak duplikasi data, dan terdapat beberapa fungsi yang rusak. Pelaksanaan kerja praktik ini bertujuan untuk merancang ulang aplikasi WartaHALO sehingga dapat mengatasi masalah-masalah yang ada. Hasil dari kerja praktik ini adalah aplikasi WartaHALO yang telah berhasil dirancang ulang dan lebih baik dari sebelumnya.