ABSTRAK Laporan kerja praktik ini dibuat untuk melengkapi dokumen pelaksanaan kerja praktik di Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia dengan topik Pengembangan Sistem Informasi Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia. Pengembangan sistem informasi yang dilakukan pada pelaksanaan kerja praktek fokus kepada pengerjaan modul yang mendukung proses bisnis yang terjadi
di PKM UI. Proses bisnis tersebut meliputi proses pendaftaran, pemeriksaan, hingga proses pembayaran obat yang dilakukan oleh pasien yang berkunjung ke PKM UI. Modul tersebut dapat digunakan oleh 5 user yaitu user bagian pendaftaran, perawat, kasir, apoteker, dan kepala PKM. Pelaksana telah mengembangkan fungsi-fungsi
untuk menyimpan data pasien, riwayat kesehatan (medical record) pasien, hingga fungsi pendukung proses transaksi biaya pengobatan pasien. Sebenarnya pada awal pertemuan, penyelia meminta pelaksana untuk mengembangkan juga modul pendukung pencatatan inventaris obat-obatan di PKM UI dan modul pendukung data kepegawaian yang ada di PKM UI, namun kedua modul tersebut belum dikembangkan oleh pelaksana karena pelaksana masih fokus kepada modul pendukung alur proses bisnis sehari-hari yang terjadi di PKM UI. Laporan ini berisi tentang hal-hal apa saja yang dilakukan pada saat pelaksanaan kerja praktik yang masing-masing akan dicantumkan dan dijelaskan pada
latar belakang pemilihan tempat kerja praktik, profil singkat tempat kerja praktik, deskripsi pekerjaan yang dilakukan, ulasan kesesuaian kerja praktik dengan ilmu yang sudah dipelajari di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, kendala yang dialami selama pelaksanaan kerja praktik serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi
kendala tersebut, evaluasi pelaksanaan kerja praktik, kesimpulan, saran, dan lampiran berupa laporan kerja praktik yang ditujukan untuk penyelia.
|