ABSTRAK Laporan ini menjelaskan hasil pelaksanaan kerja praktik yang telah dilakukan oleh penulis. Pelaksanaan kerja praktik dilaksanakan di PT Bank X, Tbk bagian Knowledge & Process Improvement Department yang masih di bawah Learning Center Group. Kegiatan yang dilakukan saat kerja praktik adalah mengembangkan dua sistem berbeda, yaitu sistem aplikasi Survei Budaya 360 Derajat dan sistem TIFA. Sistem aplikasi Survei Budaya 360 Derajat merupakan sistem desktop application yang berfungsi untuk mengevaluasi setiap karyawan dengan melihat empat golongan berbeda, yaitu atasan, rekan kerja, bawahan, dan diri sendiri. Sistem TIFA merupakan Knowledge Management System (KMS) berbasis web yang memudahkan karyawan untuk melakukan sharing activity dalam setiap informasi yang ada, khususnya berupa materi pelatihan dan surat-surat penting. Laporan ini terdiri dari tiga bab, yaitu bab pendahuluan, analisis, dan penutup. Bab pendahuluan berisikan mengenai latar belakang penulis dalam melakukan kerja praktik, profil singkat dari tempat kerja praktik, dan deskripsi pekerjaan penulis. Kemudian pada bab analisis, laporan menjelaskan kesesuaian kerja praktik dengan ilmu yang didapatkan pada perkuliahan, kendala dan solusi, dan evaluasi penulis terhadap pelaksanaan kerja praktik. Pada bab terakhir, penulis memberikan laporan yang berisi kesimpulan dan saran-saran untuk pelaksana kerja praktik selanjutnya, fakultas, dan tempat kerja praktik.
|
|