ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Farisya Setiadi Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Implementasi Knowledge Management System Pada Instansi Pemerintah Studi Kasus: Direktorat e-Government Departemen Komunikasi dan Informatika Dalam rangka untuk memasuki era keterbukaan informasi dan untuk mencapai tujuan dari good governance, pemerintah perlu mengajak peran serta masyarakat dalam perumusan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Selain itu pemerintah juga perlu memaksimalkan knowledge yang dimilikinya untuk menjalan segala aktivitas agar terciptanya daya saing dan keberlangsungan suatu organisasi. Masalah-masalah di dalam pemerintah seperti kehilangan knowledge, kebutuhan knowledge dan kesenjangan knowledge dapat diatasi dengan konsep knowledge management. Lapisan knowledge management pada lingkungan pemerintah yang digunakan pada penulisan ini terdiri dari data sources layer, knowledge management layer dan knowledge presentation layer. Kemudian, proses-proses untuk mengelola knowledge antara lain seperti acquisition, refinement, storage retrieval, distribution dan presentation. Metodologi terdiri dari beberapa tahapan antara lain analisis, perancangan, implementasi dan testing. Studi kasus di dalam penelitian ini terdapat pada instansi pemerintah yaitu Direktorat e-Government Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Pada tahap analisis, proses yang ada adalah dengan menggali kebutuhan user dan menggali semua fitur-fitur tools. Proses yang ada pada tahapan perancangan yaitu dengan melaksanakan perancangan tool yang diperoleh dari kebutuhan user, serta disesuaikan dengan tool. Setelah dilakukan perancangan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan implementasi dan menyiapkan skenario. Skenario yang ada antara lain skenario Government to Citizen, Government to Business, Government to Government serta skenario di dalam lingkungan Direktorat e-Government. Penelitian ini menghasilkan arsitektur knowledge management system pada lingkungan pemerintahan. Arsitektur KMS ini diujicobakan salah satunya dengan skenario pada kasus membangun jaringan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa KMS di Direktorat e-Government dapat digunakan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan kinerja institusi. Kata kunci: Knowledge Management, Knowledge Management System, e-Government, Direktorat e-Government, Depkominfo. xv +152 halaman, 67 gambar; 46 tabel; 2 lampiran Daftar pustaka: 36 (2001-2008)