ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Idham Kholid
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : PERBAIKAN PROSES BISNIS DALAM MENETAPKAN
BESARAN PREMI
Studi Kasus : Divisi Operasional PT. AJII
Agar tetap bertahan di masa persaingan terbuka ini organisasi harus selalu belajar, tumbuh dan berkembang. Optimalisasi proses bisnis merupakan salah satu pemegang peranan yang penting dalam menentukan arah dan posisi perusahaan terhadap para pesaing. Proses bisnis yang tidak baik atau kurang sempurna akan mengakibatkan dan mempengaruhi proses bisnis yang lain, sehingga akan menghambat kinerja perusahaan.
Proses bisnis dapat mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan oleh Divisi Operasional kepada pelanggan, khususnya proses bisnis pada fungsi penetapan besaran premi. Pada saat ini alur kerja (woikflow) yang diterapkan terhadap kecepatan penetapan besaran premi mulai dari pengajuan aplikasi hingga pernetapan besaran premi tersebut dirasakan masih kurang sempurna dan masih sangat tidak efisien, sehingga sering terjadi data premi yang diminta oleh calon pelanggan/pelanggan mengalami keterlambatan akibat proses internal yang dirasa rumit.
Penelitian ini dilakukan dalam lima tahapan yaitu pertama, identifikasi dan pemahaman proses bisnis; kedua, pemetaan dan pemodelan proses bisnis; ketiga perancangan perbaikan proses bisnis; keempat, simulasi proses bisnis; kelima.
analisis perbaikan proses bisnis.
Dalam penelitian ini, penulis akan mencoba menganalisa Proses Bisnis penetapan besaran premi yang telah ada, dilanjutkan dengan langkah rekayasa ulang proses bisnis. Dari hasil pengamatan, analisa, dan tindakan rekayasa ulang proses bisnis tersebut, diharapkan akan menghasilkan suatu proses bisnis yang baru yang jauh lebih baik.
Dari simulasi yang dilakukan, untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis internal PT AJII dalam penetapan besaran premi maka ada beberapa hal yang dilakukan antara lain pemangkasan proses bisnis yang dianggap tidak perlu.
Dapat disimpulkan bahwa perbaikan proses bisnis penetapan besaran premi pada Divisi Operasional dapat mengurangi waktu proses dan biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing Departemen.
Kata kunci: Perbaikan Proses Bisnis; Proses Bisnis xiii; 54 halaman; 16 gambar; 6 lampiran; Daftar Acuan: 11 (1993 -2009)
|