ABSTRAK
Informasi memiliki peranan vital dalam proses pengambilan keputusan. Pelayanan
yang dilakukan oleh rumah sakit mengandalkan informasi secara intensif. Sistem
informasi dapat digunakan sebagai sarana strategis untuk memberikan pelayanan
yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan, baik pelanggan internal (pemilik,
pimpinan, dan karyawan rumah sakit) dan juga pelanggan eksternal (pasien,
keluarga pasien, dan rekanan pemasok). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan
yang diberikan serta meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi dengan
rumah sakit swasta, Rumah Sakit Otorita Batam menggunakan sistem dan
teknologi informasi untuk beberapa unitnya. Pengembangan sistem informasi
yang ada selama ini dilakukan berdasarkan secara adhoc berdasarkan kebutuhan
rumah sakit, tanpa memiliki rencana strategis dan prosedur yang standar dalam
mengembangkan SI/TI rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk membuat
rencana strategis SI/TI yang sejalan dengan strategi bisnis yang dimiliki Rumah
Sakit Otorita Batam. Dengan adanya rencana strategis SI/TI ini, diharapkan rumah
sakit memiliki panduan dalam pelaksanaan pengembangan SI/TI yang sejalan
dengan visi, misi, tujuan, dan strategi bisnis rumah sakit. Pendekatan terhadap
beberapa metodologi perencanaan strategis SI/TI yang ada (ward& peppard,
wetherbe, ISISP, an integrative HSIS approach) dilakukan penulis untuk
mendapatkan metodologi yang sesuai dengan karakteristik rumah sakit. Penelitian
ini menghasilka usulan berupa portfolio aplikasi – aplikasi sistem informasi
mendatang, strategi pengelolaan sistem dan teknologi informasi, serta usulan
infrastruktur teknologi informasi bagi Rumah Sakit Otorita Batam yang mengacu
kepada strategi bisnis rumah sakit.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Rumah Sakit Otorita Batam,
strategi bisnis, mutu pelayanan kesehatan
xi+134 halaman;24 Gambar; 10 Tabel;
|