ABSTRAK

Informasi memiliki peranan vital dalam proses pengambilan keputusan. Pelayanan yang dilakukan oleh rumah sakit mengandalkan informasi secara intensif. Sistem informasi dapat digunakan sebagai sarana strategis untuk memberikan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan, baik pelanggan internal (pemilik, pimpinan, dan karyawan rumah sakit) dan juga pelanggan eksternal (pasien, keluarga pasien, dan rekanan pemasok). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan serta meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi dengan rumah sakit swasta, Rumah Sakit Otorita Batam menggunakan sistem dan teknologi informasi untuk beberapa unitnya. Pengembangan sistem informasi yang ada selama ini dilakukan berdasarkan secara adhoc berdasarkan kebutuhan rumah sakit, tanpa memiliki rencana strategis dan prosedur yang standar dalam mengembangkan SI/TI rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rencana strategis SI/TI yang sejalan dengan strategi bisnis yang dimiliki Rumah Sakit Otorita Batam. Dengan adanya rencana strategis SI/TI ini, diharapkan rumah sakit memiliki panduan dalam pelaksanaan pengembangan SI/TI yang sejalan dengan visi, misi, tujuan, dan strategi bisnis rumah sakit. Pendekatan terhadap beberapa metodologi perencanaan strategis SI/TI yang ada (ward& peppard, wetherbe, ISISP, an integrative HSIS approach) dilakukan penulis untuk mendapatkan metodologi yang sesuai dengan karakteristik rumah sakit. Penelitian ini menghasilka usulan berupa portfolio aplikasi – aplikasi sistem informasi mendatang, strategi pengelolaan sistem dan teknologi informasi, serta usulan infrastruktur teknologi informasi bagi Rumah Sakit Otorita Batam yang mengacu kepada strategi bisnis rumah sakit. Kata Kunci: Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Rumah Sakit Otorita Batam, strategi bisnis, mutu pelayanan kesehatan xi+134 halaman;24 Gambar; 10 Tabel;