ABSTRAK

SekolahTinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Selama 41 tahun berdiri lembaga ini telah menghasilkan sekretaris yang profesional dibidangnya Belakangan ini mulai dirasakan adanya beberapa masalah seperti misalnya perumusan strategi bisnis yang kurang didukung oleh analisis data yang handal sehingga berdampak pada penurunan jumlah mahasiswa yang mendaftar, pelayanan terhadap pelanggan sering menemui kendala terutama dalam hal penerimaan ataupun pendistribusian informasi, kurang optimalnya penggunaan sumber daya, serta jumlah lulusan yang juga semakin menurun. Dengan dibukanya Program Studi Komunikasi Bisnis pada tahun 2008 yang secara otomatis akan mengakibatkan aktivitas lembaga semakin bertambah, maka permasalahan itu perlu dibenahi secepatnya agar sasaran bisnis tetap dapat tercapai. Perencanaan strategis SI/TI merupakan suatu aktivitas yang sangat penting dalam membantu sebuah organisasi mencapai sasaran bisnisnya[25][38]. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba untuk menelusuri masalah yang dihadapi oleh STIKS Tarakanita dan memberikan alternatif pemecahannya dengan menggunakan perencanaan srategis SI/TI. Metodologi yang digunakan merupakan modifikasi dari metodologi Price Waterhouse dengan masukan dari beberapa metodologi yang lain seperti Ward & Peppard, Tozer, James Martin, serta Titthasiri. Beberapa tools yang lain juga digunakan untuk memepertajam hasil analisis, seperti: PEST, Matriks Pangsa Pasar, Five forces, Activity Chain, serta Critical Success Factor (CFS’S). Hasil perencanaan strategis ini dalam bentuk identifikasi kebutuhan SI/TI yang tergambarkan dalam portfolio aplikasi mendatang. Perencanaan strategis ini diharapkan dapat menjadi jawaban terbaik atas permasalahan yang dihadapi saat ini, serta menjadi rekomendasi bagi pihak manajemen STIKS Tarakanita dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi disemua akivitas bisnisnya. Kata Kunci: Perencanaan Strategis, SI/TI, Pendidikan