ABSTRAK
SekolahTinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Selama 41 tahun berdiri
lembaga ini telah menghasilkan sekretaris yang profesional dibidangnya
Belakangan ini mulai dirasakan adanya beberapa masalah seperti misalnya
perumusan strategi bisnis yang kurang didukung oleh analisis data yang handal
sehingga berdampak pada penurunan jumlah mahasiswa yang mendaftar,
pelayanan terhadap pelanggan sering menemui kendala terutama dalam hal
penerimaan ataupun pendistribusian informasi, kurang optimalnya penggunaan
sumber daya, serta jumlah lulusan yang juga semakin menurun. Dengan
dibukanya Program Studi Komunikasi Bisnis pada tahun 2008 yang secara
otomatis akan mengakibatkan aktivitas lembaga semakin bertambah, maka
permasalahan itu perlu dibenahi secepatnya agar sasaran bisnis tetap dapat
tercapai.
Perencanaan strategis SI/TI merupakan suatu aktivitas yang sangat penting dalam
membantu sebuah organisasi mencapai sasaran bisnisnya[25][38]. Oleh sebab itu,
penelitian ini mencoba untuk menelusuri masalah yang dihadapi oleh STIKS
Tarakanita dan memberikan alternatif pemecahannya dengan menggunakan
perencanaan srategis SI/TI. Metodologi yang digunakan merupakan modifikasi
dari metodologi Price Waterhouse dengan masukan dari beberapa metodologi
yang lain seperti Ward & Peppard, Tozer, James Martin, serta Titthasiri. Beberapa
tools yang lain juga digunakan untuk memepertajam hasil analisis, seperti: PEST,
Matriks Pangsa Pasar, Five forces, Activity Chain, serta Critical Success Factor
(CFS’S). Hasil perencanaan strategis ini dalam bentuk identifikasi kebutuhan
SI/TI yang tergambarkan dalam portfolio aplikasi mendatang. Perencanaan
strategis ini diharapkan dapat menjadi jawaban terbaik atas permasalahan yang
dihadapi saat ini, serta menjadi rekomendasi bagi pihak manajemen STIKS
Tarakanita dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi disemua akivitas
bisnisnya.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis, SI/TI, Pendidikan
|