ABSTRAK

Kerja Praktik dilaksanakan di PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks) mulai tanggal 15 Juni 2009 sampai dengan tanggal 28 Juli 2009. Kerja praktik yang dilakukan adalah melaksanakan tugas technical support dalam perawatan dan peningkatan kinerja jaringan pelanggan Biznet. Kegiatan memiliki ruang lingkup berupa identifikasi, analisa, dan penyelesaian gangguan koneksi pelanggan Biznet yang bersumber dari sisi pelanggan. Aktivitas technical support dilakukan jika masalah pelanggan tidak bisa diatasi melalui telepon atau email dengan bantuan customer care specialist. Pelaksana kerja praktik menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh dari perkuliahan untuk menganalisa dan menyelesaikan permasalahan implementasi jaringan komputer di dunia nyata. Selain itu pelaksana kerja praktik memperoleh pengetahuan tentang masalah-masalah teknis yang sering terjadi dalam pengelolaan perusahaan penyedia jasa internet serta bagaimana menghadapi masalah-masalah non-teknis seperti komunikasi dengan pelanggan, khususnya divisi IT, dan bagaimana bekerjasama dalam tim untuk secara efektif mengatasi gangguan pada jaringan pelanggan.