ABSTRAK
ABSTRAK
Nama Lengkap : Andi Susilo
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi Aplikasi E-Commerce Menggunakan
Extended Web Assessment Method (EWAM)
dari Perspektif Konsumen: Studi Kasus Toko
Buku Online di Indonesia.
Di dunia Internet, banyak situs memiliki tampilan grafis yang menarik, isi
terorganisasi dengan baik, namun belum tentu situs-situs tersebut menarik
pengunjung untuk datang kembali secara teratur. Banyak perusahaan dan institusi
terkejut menemukan bahwa alokasi anggaran biaya yang besar tidak selalu
menjamin keberhasilan. Salah satu alasan mengapa konsumen potensial akhirnya
mengalihkan pandangan dan tidak melanjutkan kepada tahapan pembelian adalah
bahwa sebuah situs web memiliki tingkat fokus kepada konsumen yang rendah.
Terdapat kebutuhan vital bagi penjual online untuk merancang situs-situs web
mereka menurut kebutuhan potensial konsumen mereka. Extended Web
Assessment Method (EWAM) merepresentasikan sebuah instrumen untuk
membuat pernyataan umum pada kualitas situs web komersial dari perspektif
konsumen. EWAM adalah sebuah alat evaluasi yang secara spesifik dibuat untuk
menilai aplikasi-aplikasi e-commerce. EWAM dikembangkan oleh Petra Schubert
dan Dorian Selz di Universitas St. Gallen, Swiss. Metode ini secara utama
mengintegrasikan temuan dari model TAM Davis dan teori TRA dari Fishbein
dan Ajzen. EWAM sebuah metode yang didasarkan kepada kisi evaluasi
mencakup sekumpulan kriteria untuk menilai kualitas dan keberhasilan aplikasiaplikasi
e-commerce yang fokus kepada perspektif konsumen dan fitur-fitur yang
spesifik dari Internet sebagai media. Dalam studi ini, peneliti menggunakan
EWAM tool yang dibuat dengan aplikasi berbasis web Google Apps untuk
mengevaluasi aplikasi e-commerce penjualan buku online di Indonesia. Empat
situs web toko buku online telah dipilih dan satu situs web amazon.com sebagai
Standar De Facto. Temuan dari riset ini adalah bahwa situs-situs web penjualan
buku online di Indonesia yang dievaluasi belum memenuhi ekspektasi dari
konsumen ditunjukkan dengan nilai (<+1, skor +1 artinya baik) pada jangkauan
skala nilai (-2/+2) yaitu balaipustakaonline.com (0.31) sebagai situs web terburuk,
gramediaonline.com (0.35), erlangga.co.id (0.67), dan kutukutubuku.com (0.73)
sebagai Best Practice Profile.
Kata-kata Kunci: e-commerce, EWAM, penilaian web, kisi evaluasi, dan
metode
xiv + 176 halaman; 30 gambar; 23 tabel; 9 lampiran
|