ABSTRAK

ABSTRAK Nama Lengkap : Andi Susilo Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Evaluasi Aplikasi E-Commerce Menggunakan Extended Web Assessment Method (EWAM) dari Perspektif Konsumen: Studi Kasus Toko Buku Online di Indonesia. Di dunia Internet, banyak situs memiliki tampilan grafis yang menarik, isi terorganisasi dengan baik, namun belum tentu situs-situs tersebut menarik pengunjung untuk datang kembali secara teratur. Banyak perusahaan dan institusi terkejut menemukan bahwa alokasi anggaran biaya yang besar tidak selalu menjamin keberhasilan. Salah satu alasan mengapa konsumen potensial akhirnya mengalihkan pandangan dan tidak melanjutkan kepada tahapan pembelian adalah bahwa sebuah situs web memiliki tingkat fokus kepada konsumen yang rendah. Terdapat kebutuhan vital bagi penjual online untuk merancang situs-situs web mereka menurut kebutuhan potensial konsumen mereka. Extended Web Assessment Method (EWAM) merepresentasikan sebuah instrumen untuk membuat pernyataan umum pada kualitas situs web komersial dari perspektif konsumen. EWAM adalah sebuah alat evaluasi yang secara spesifik dibuat untuk menilai aplikasi-aplikasi e-commerce. EWAM dikembangkan oleh Petra Schubert dan Dorian Selz di Universitas St. Gallen, Swiss. Metode ini secara utama mengintegrasikan temuan dari model TAM Davis dan teori TRA dari Fishbein dan Ajzen. EWAM sebuah metode yang didasarkan kepada kisi evaluasi mencakup sekumpulan kriteria untuk menilai kualitas dan keberhasilan aplikasiaplikasi e-commerce yang fokus kepada perspektif konsumen dan fitur-fitur yang spesifik dari Internet sebagai media. Dalam studi ini, peneliti menggunakan EWAM tool yang dibuat dengan aplikasi berbasis web Google Apps untuk mengevaluasi aplikasi e-commerce penjualan buku online di Indonesia. Empat situs web toko buku online telah dipilih dan satu situs web amazon.com sebagai Standar De Facto. Temuan dari riset ini adalah bahwa situs-situs web penjualan buku online di Indonesia yang dievaluasi belum memenuhi ekspektasi dari konsumen ditunjukkan dengan nilai (<+1, skor +1 artinya baik) pada jangkauan skala nilai (-2/+2) yaitu balaipustakaonline.com (0.31) sebagai situs web terburuk, gramediaonline.com (0.35), erlangga.co.id (0.67), dan kutukutubuku.com (0.73) sebagai Best Practice Profile. Kata-kata Kunci: e-commerce, EWAM, penilaian web, kisi evaluasi, dan metode xiv + 176 halaman; 30 gambar; 23 tabel; 9 lampiran