Sepak bola adalah olah raga yang paling populer dan dimainkan semua orang di seluruh dunia. Sepak bola memiliki unsur kerja sama yang tinggi, strategi yang kompleks, dan state permainan yang beragam. Tidak hanya manusia, sekarang ini robot juga dikembangkan untuk bermain sepak bola. Pertandingan sepak bola antar robot merupakan tantangan tersendiri dalam dunia robotika. Sepak bola juga digunakan sebagai media pertukaran ilmu bagi para peneliti robot di seluruh dunia. Penelitian berikut mencoba melakukan simulasi pertandingan robot sepak bola dalam dua dimensi dengan menggunakan RoboCup Soccer Server. Dalam penelitian ini, Penulis mengusulkan penggunaan algoritma pergerakan pemain (player movement) yang terinspirasi dari algoritma particle swarm optimization, dalam hal ini bergerak untuk membawa bola (dribbling), menembak bola ke gawang lawan (shooting), atau mengoper bola (passing) ke pemain lain dalam satu tim. Algoritma ini kemudian diujikan dengan simulasi robot sepak bola 11 vs 11 dengan menggunakan RoboCup Soccer Server. Pengujian dilakukan dengan melakukan simulasi pertandingan sepak bola melawan lima tim simulasi peserta RoboCup Simulation 2008. Masing-masing tim akan dilawan sebanyak 10 kali. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, tim yang dikembangkan Penulis dengan menggunakan algoritma player_movement berhasil meraih total 40 kali menang, 5 kali seri, dan 5 kali kalah.