ABSTRAK
Nama : Dicky Supriatna Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Mengevaluasi Manfaat investasi TI terhadap organisasi dengan metodologi grounded theory: studi kasus di STIE Trisakti. Investasi TI saat ini merupakan hal yang potensial dalam mencapai peningkatan dan keuntungan kompetitif organisasi. Namun, tidak jarang hasil investasi tidak mencapai apa yang diharapkan. Kegagalan investasi secara umum terjadi akibat ketidak-sesuaian harapan dan aktual dari anggaran, waktu, dan manfaatnya. Untuk menekan tingkat kegagalan ini, setiap investasi TI harus dilakukan evaluasi. Meski evaluasi TI sudah biasa dilakukan di sektor bisnis, namun di sektor pendidikan sangat jarang dilakukan. Kurangnya evaluasi TI disektor pendidikan salah satunya karena manajemen sulit memahami suatu kerangka kerja dalam mengevaluasi TI. Evaluasi manfaat investasi TI ini dilakukan melalui studi kasus di institusi pendidikan STIE Trisakti. Kerangka kerja yang diterapkan adalah metodologi grounded theory. Kerangka kerja grounded theory digambarkan dalam sembilan langkah yang terbagi di lima fase yang harus dilakukan. Melalui pembagian langkah dan fase tersebut memungkinkan evaluasi bisa dengan mudah dipahami oleh manajemen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap 32 responden sebagai data primer (terdiri dari manajer senior, staf administrasi, dan tim TI), dilengkapi oleh data sekunder dari studi dokumentasi organisasi dan dokumentasi proyek. Hasil penyusunan data yang dilakukan, berhasil mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul dan manfaat-manfaat yang didapatkan dari investasi TI. Melalui pengolahan yang iteratif, masalah dan manfaat dipetakan pada bentuk model agar mudah dipahami. Hasil lain dari pemetaan model, ditemukan bahwa terdapat katalisator masalah dan manfaat yang saling mempengaruhi secara intrinsik. Selain temuan tersebut, sebuah dugaan teori untuk menangani masalah pengembangan TI dan rekomendasi penanganannya secara substansial berhasil dibangun. Dugaan teori dan rekomendasi penanganan masalah yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan bisa dipahami dan diterapkan oleh manajemen. Hal ini dilakukan untuk menekan masalah-masalah yang timbul serta meningkatkan manfaat-manfaat yang didapatkan dari pengembangan TI. Lebih lanjut, hasil penelitian tidak menutup kemungkinan untuk berhenti disini. Melalui kerangka kerja yang dipaparkan, harapannya adalah manajemen mampu melakukan evaluasi TI secara berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan mencapai keuntungan kompetitif. Kata kunci: evaluasi investasi TI, grounded theory, institusi pendidikan xii + 165 halaman; 13 gambar; 10 tabel; 13 lampiran
|
|