ABSTRAK
Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta perlunya pelayanan prima kepada Presiden dan Wakil Presiden, menuntut Sekretariat Negara untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal. Selaku penyelenggara pelayanan dukungan informatika, peran Biro Dukungan Informatika menjadi sangat penting dalam memberikan dukungan layanan teknologi informasi dan komunikasi yang profesional dan handal, seperti yang tertuang dalam rencana strategi teknologi (TI) informasi Biro Dukungan Informatika. Penilaian tingkat kematangan keselarasan strategi teknologi informasi terhadap strategi organisasi di Sekretariat Negara dilakukan untuk mengetahui apakah strategi TI yang selama ini diterapkan sudah mendukung strategi organisasi, sejauh mana hasil dan pencapaian strategi TI tersebut, dan apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil implementasi dari strategi TI dalam mendukung strategi organisasi ke depannya. Strategic Alignment Model (SAM) digunakan untuk menganalisa keselarasan strategi TI terhadap strategi organisasi. Sedangkan untuk mengukur tingkat kematangan keselarasannya dilakukan dengan pemetaan IT-Balanced Scorecard Terhadap Kendali Proses COBIT 4.1., dengan terlebih dahulu dilakukan analisa perspektif IT-Balanced Scorecard. Hasil penilaian tingkat kematangan keselarasan strategi TI terhadap strategi organisasi menunjukkan bahwa proses-proses utama yang mendukung keselarasan strategi TI terhadap strategi organisasi di Sekretariat Negara sebagian besar lebih mengacu kepada apa yang telah dilakukan sebelumnya tetapi bersifat intuitif (repeatable but intuitive).
|