ABSTRAK

Peran Teknologi Informasi (TI) dalam penyelenggaraan organisasi dewasa ini menjadi semakin strategis. Pencapaian tujuan bisnis perusahaan salah satunya ditentukan oleh bagaimana TI dikelola dengan baik. Tata kelola Teknologi Informasi (IT Governance) adalah sesuatu yang penting dan ikut menentukan keberhasilan tercapainya tujuan bisnis perusahaan. PLN sebagai perusahaan listrik yang besar, sangat memerlukan dukungan TI dalam mengelola perusahaan. Tingginya tuntutan stakeholder terhadap layanan yang berkualitas dan kompleksitas investasi di bidang TI serta risikonya, mengharuskan PLN untuk melaksanakan tata kelola yang baik di bidang TI. Saat ini belum ada kerangka formal IT Governance di PLN, maka perlu dilakukan analisa untuk menyusun kerangka IT Governance yang tepat bagi PLN. Penelitian ini diawali dengan melakukan analisa terhadap permasalahan dan dampaknya sehingga diperoleh prioritas tujuan bisnis. Kemudian dilakukan pemetaan tujuan bisnis, tujuan TI dan proses terkait. Survey kuesioner terhadap tingkat kematangan proses TI saat ini, harapan, dan tingkat risiko ditujukan untuk memperoleh hasil pemetaan yang relevan dalam menyusun kerangka IT Governance yang tepat bagi PLN. Pengembangan kerangka mengacu pada Cobit 4.1, Cobit Control Practices dan kesesuaian dengan regulasi Panduan Tata Kelola TI Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hasil penelitian adalah rancangan kerangka IT Governance PLN dan langkah-langkah implementasinya dalam mendukung tercapainya tujuan bisnis perusahaan.