ABSTRAK

Perkembangan teknologi telah meningkatkan jumlah penggunaan sistem online learning di dunia pendidikan. Ketersediaan sistem ini memberi alternatif media pengajaran yang dapat digunakan oleh instuktur atau pengajar. Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa jumlah pelajar yang mengikuti program online learning bertambah banyak. Walaupun begitu, tingkat penyelesaian program online learning masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh pelajar. Kepuasan dari seorang pelajar berhubungan erat dengan tingkat penyelesaian program online learning. Oleh karena itu, informasi terkini mengenai aspek – aspek yang berhubungan dengan kepuasan pelajar dalam membangun sebuah sistem online learning diperlukan. Dengan harapan, bahwa kepuasan pelajar akan meningkat apabila pengembangan sistem telah memperhatikan aspek – aspek tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aspek instuktur, pelajar dan teknologi dalam membangun sebuah sistem online learning.