ABSTRAK

Pekerjaan yang dilakukan penulis dalam Kerja Praktik (KP) adalah melakukan customization aplikasi helpdesk yang digunakan oleh dua tim helpdesk yang berbeda di PT Quadra Solution. PT Quadra Solution merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan layanan berupa IT consulting dan outsourcing. Pelaksanaan KP dilakukan di kantor pengguna aplikasi helpdesk tersebut pada tanggal 15 Juni – 16 Agustus 2010. Pada pelaksanaan KP, mata kuliah Pengembangan dan Pemrograman Web dan Komunikasi Bisnis dan Teknis yang pernah didapatkan saat kuliah sangat bermanfaat. Adapun kendala utama yang dihadapi penulis selama melaksanakan KP antara lain kurangnya pemahaman penulis mengenai alur proses bisnis pada tim helpdesk dan kesulitan ketika melakukan import data ke database. Salah satu hal yang tidak didapatkan pada masa kuliah adalah pengumpulan kebutuhan sistem dari pengguna sistem yang sesungguhnya tanpa melibatkan asumsi. Pelaksanaan KP di PT Quadra Solution telah memberikan pengalaman untuk penulis, yaitu dapat langsung merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. PT Quadra Solution merupakan perusahaan yang tepat sebagai tempat pelaksanaan KP bagi mahasiswa Fasilkom.