ABSTRAK
Perguruan tinggi merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang pendidikan. Kelangsungan sebuah perguruan tinggi tergantung pada tingkat peminatan dari calon mahasiswa. Untuk itu bagian pemasaran perguruan tinggi harus dapat mengembangkan pola-pola pemasaran yang bisa menarik minat calon mahasiswa untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Pemahaman atas karakteristik dari calon mahasiswa yang telah menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi bisa dijadikan panduan dalam mendukung pengambilan keputusan pemasaran. Penerapan data warehouse dan data mining merupakan suatu cara yang bisa digunakan untuk melihat karakteristik dari calon mahasiswa yang mendaftar di sebuah perguruan tinggi. Penelitian ini mengkaji penerapan data warehouse dan data mining untuk mendapatkan informasi-informasi yang penting untuk dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan bagian pemasaran STMIK MDP. Penelitian ini dimulai dengan membangun sebuah data warehouse dari sumber data yang ada. Data yang telah terbentuk dalam data warehouse dapat digunakan untuk analisa data menggunakan teknik data mining. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah data warehouse penerimaan mahasiswa baru yang bisa digunakan untuk membuat laporan-laporan berbagai informasi dari data mahasiswa yang mendaftar di STMIK MDP. Analisa data menggunakan teknik data mining dapat melihat karakteristik calon mahasiswa yang mendaftar di STMIK MDP.
|