ABSTRAK

Layanan penjualan yang berkualitas secara fungsionalitas, mudah dalam penggunaan serta selaras dengan sasaran bisnis suatu institusi dapat diperoleh dengan adanya dukungan dari beberapa faktor terkait. Faktor tersebut meliputi penyediaan fasilitas yang memadai yang dikelola oleh sumber daya manusia yang berkompetensi, serta pengaturan manajemen yang benar dan memadai dalam pelaksanaan aktifitas dan fungsi pengolahan data pada aplikasi MDP Sales. Dalam usaha mengoptimalkan kontribusi investasi TI yang telah dilakukan dan memastikan bahwa penerapan aplikasi MDP Sales telah sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan studi penerapan terhadap aplikasi MDP Sales yang nantinya dibuatkan rancangan tata kelola TI. Rancangan itu selanjutnya dapat dijadikan sebagai perbaikan dari kondisi sekarang maupun sebagai acuan terhadap pengembangan proses-proses secara lebih terinci. Perancangan tata kelola TI pada penerapan aplikasi MDP Sales mengacu pada kerangka kerja COBIT 4.1 (Control Objective for Information and Related Technology). Studi penerapan terhadap aplikasi MDP Sales diawali dengan pengumpulan data mengenai visi, misi, dan tujuan perusahaan yang nantinya akan didapatkan proses TI. Selanjutnya dari proses TI tersebut akan dilakukan analisa maturity level untuk kondisi yang sekarang dengan yang diharapkan. Berdasarkan analisa maturity level dirancang rekomendasi tata kelola TI untuk masing-masing process TI agar tingkat maturity dari masing-masing process tersebut bisa lebih baik.