ABSTRAK

Tingkat persaingan media penyiaran radio swasta khususnya di Kota Madya Palembang yang semakin ketat menjadikan kebutuhan strategi bisnis sebagai suatu kekuatan untuk mempertahankan aktivitas perusahaan. Hampir semua media penyiaran radio menggunakan TI dalam operasionalnya tetapi hanya sebatas pendukung saja, belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai perencanaan dan pengelolaan SI/TI yang berhubungan dengan strategi bisnisnya, dari pengamatan sementara yang penulis lakukan hampir semua station radio swasta di Palembang banyak memiliki kesamaan jenis program penyiaran. Peluang untuk menciptakan diferensiasi dan inovasi produk sebenarnya dapat digarap lebih cermat, hal tersebut dilihat dari audien yang dijangkau terdiri dari berbagai lapisan budaya dan latar belakang sosial yang memiliki selera yang berbeda pula. Perencanaan Strategis Sistem Informasi (PSSI) tentunya dapat diterapkan untuk pencapaian sasaran perusahaan, karena harus sejalan dengan strategi bisnis yang di jalankan. Perencanaan Strategis Sistem Informasi yang akan ditetapkan dengan menerapkan pendekatan Blue Ocean Startegy (BOS) kemudian diintegrasikan dengan Balanced Scorecard (BSC), sehingga dengan model ini diharapkan akan menghasilkan strategi SI/TI pada industri penyiaran radio yang berkarakter dinamis, inovatif, dan tingkat persaingan yang tinggi dengan hasil pencapaian yang terukur dan komprehensif. Implementasi Model ini akan dijadikan sebagai usulan pada radio “SONORA”. Untuk komponen-komponen industri penyiaran yang tertangkap dalam kurva nilai BOS kemudian dipetakan kedalam empat perspektif BSC, yaitu persepektif finansial, custommer, bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil pemetaan ini selanjutnya memunculkan potensi SI/TI yang kemudian diimplementasikan pada radio “SONORA”.