ABSTRAK

Pencapaian tujuan organisasi ditentukan oleh sinergi antar unit-unit bisnis di dalam organisasi tersebut. Untuk mencapai sinergi tersebut diperlukan penyelarasan antar unit-unit bisnis. Proses mendapatkan keselarasan merupakan proses evolusi dan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kematangan keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis. Penilaian keselarasan ini dilakukan dengan menggunakan metode keselarasan strategis yang dikembangkan Henderson & Venkatraman, metode IT Balanced Scorecard dari Grembergen dan Bruggen, serta Maturity Model dari COBIT 4.1. Model keselarasan strategis dilakukan terhadap strategis bisnis dan strategi TI. Sedangkan IT Balanced Scorecard dilakukan terhadap layanan TI yang kemudian dipetakan ke penilaian control objective di dalam COBIT 4.1. Hasil kedua pengukuran tersebut kemudian dipadukan untuk memperoleh tingkat kematangan keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh tingkat kematangan keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual pada tingkat diantara proses yang berulang dan sudah terdefinisi. Hal ini berarti bahwa untuk meningkatkan kematangan keselarasan strategi TI terhadap strategi bisnis, organisasi perlu mendefinisikan proses-proses layanan TI.