ABSTRAK

PT Astra International merupakan perusahaan konglomerat yang bergelut di enam bidang usaha, dan memiliki karyawan dalam skala besar. Kebutuhan akan adanya sistem yang memfasilitasi kebutuhan karyawan mulai terasa, sehingga dikembangkanlah sistem Information Technology Self Service(ITSS), dimana semua request akan dilayani melalui IT. Aplikasi ini menerapkan prinsip self service untuk permintaan akan sesuatu yang berhubungan dengan IT. Seiring banyaknya user yang menggunakan, maka kelemahan dari aplikasi ini mulai terasa dimana sering terjadi locking,hang, dsb sehingga tim pengembang sering melakukan tembak data untuk membenarkan error yang terjadi. Selain self service akan kebutuhan IT, ada juga sistem self service untuk kebutuhan umum, yaitu General Affair Self Service, sistem ini melayani barang yang bersifat umum, seperti pengadaan AC/lampu. Selain itu PT Astra International juga mengembangkan proyek WaveRider yaitu aplikasi yang berjalan di Iphone,Blackberry, dan Android untuk memfasilitasi pelanggan Astra di bidang otomotif. Dimana pelanggan dapat melihat katalog mobil baru, promosi yang ada , cabang-cabang terdekat, booking service, serta katalog mobil bekas. Dalam laporan ini terdapat penjelasan menyeluruh mengenai pelaksanaan kerja praktik yang telah dilakukan oleh penulis, mulai dari proses mendapatkan kerja praktik, analisis mengenai proses pelaksanaan kerja praktik, dan kesimpulan serta saran mengenai pelaksanaan kerja praktik.