ABSTRAK

BTIP (Balai Telekomunikasi dan Informatika Pedesaan) berada di bawah Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi yang merupakan bagian dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. Salah satu misi BTIP adalah menyediakan akses dan layanan telematika perdesaan yang dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan dan terjangkau oleh masyarakat melalui pihak ketiga. Oleh karena itu, pemberian layanan yang baik merupakan aspek yang harus diperhatikan, salah satunya adalah call center yang merupakan fasilitas yang disediakan BTIP untuk menerima keluhan dari masyarakat mengenai layanan BTIP tersebut. Deskripsi singkat mengenai kerja praktek yang penulis lakukan di BTIP adalah pengembangkan aplikasi USO Call Center yang dapat mempermudah pengelolaan keluhan dan pembuatan laporan keluhan mengenai pelayanan dari BTIP melalui call center. Source code beserta project management-related deliverables dari aplikasi ini diharapkan dapat berjalan sesuai fungsionalitas dan requirement serta tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan lebih baik di masa yang akan datang.