ABSTRAK
Pelaksanaan Kerja Praktik (KP) dilakukan oleh penulis di Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) mulai 25 Juli sampai dengan 21 Desember 2010 dan dilakukan secara takehome. Penulis melakukan pengembangan sebuah sistem informasi yang bernama Sistem
Informasi Call Center UI. Perbedaan antara Kerangka Acuan Kerja Praktik (KAKP) dan pelaksanaan KP terletak pada waktu pelaksanaan KP yang seharusnya dilakukan pada bulan Juli-September. Dalam
mengembangkan sistem ini, penulis menemukan banyak kesesuaian dengan mata kuliah yang telah dipelajari selama perkuliahan, antara lain Analisa dan Perancangan Sistem, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman dan Perancangan Web, serta Basis Data. Selain mata kuliah tersebut, ada satu mata kuliah lagi yang sangat terkait, namun baru diikuti penulis pada semester ini, yaitu Proyek Pengembangan Sistem Informasi. Kendala yang dihadapi oleh penulis antara lain adalah kesibukan penulis selama pelaksanaan KP, sehingga kurangnya komitmen dalam mengerjakan KP ini. Selain itu faktor kurangnya
komunikasi dan pengawasan dari pihak penyelia juga menjadi kendala tersendiri bagi penulis. Dampak yang muncul akibat kendala ini adalah keterlambatan dalam penyelesaian KP.
|