ABSTRAK
Persaingan bisnis global pada saat ini mengarah pada perekonomian berbasis pelanggan (costumer based) sehingga mengakibatkan terjadinya pergeseran paradigma yang menuntut kesiapan perusahaan untuk bersaing memasuki pasar dengan cara menciptakan nilai (creating value) dari setiap proses dalam menghasilkan produk atau jasanya sesuai dengan harapan konsumen, sehingga bisa survive dan mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage). Dengan menentukan produk layanan yang tepat sasaran terhadap pelanggan dapat meningkatkan efektifitas pemasaran dan meningkatkan tingkat penjualan. Untuk hal tersebut maka dibutuhkan informasi mengenai produk dan penjualan dari perusahaan yang dapat digunakan dalam membuat keputusan. Sehingga dapat menciptakan nilai yang pada akhirnya dapat memberikan competitive advantage bagi perusahaan di tengah situasi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Data Warehouse bagi PT. Pos Indonesia. Data Warehouse ini diharapkan bisa menampilkan informasi yang berguna bagi perusahaan, tanpa mengganggu sistem operasional. Data Warehouse dikembangkan dengan menggunakan Oracle 11g. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk menggali informasi dan pengetahuan dengan basis data spasial. Penggalian data ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi WEKA dengan membandingkan algoritma clustering DBSCAN, K-Means, dan EM. Penggalian informasi dari data spasial ini diharapkan bisa menghasilkan peta wilayah yang menunjukkan tingkat penjualan produk-produk PT Pos Indonesia, sehingga diharapkan perusahaan dapat lebih fokus dalam memasarkan produk yang dirasa lebih mempunyai keunggulan di suatu wilayah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Data Warehouse yang dikembangkan sudah berhasil menampilkan laporan penerimaan wesel, stok ritel serta penjualan ritel. Sedangkan hasil Clustering Spatial yang dievaluasi dengan menggunakan indeks Silhouette menunjukkan bahwa algoritma DBSCAN menghasilkan hasil paling baik dibandingkan dengan kedua teknik lainnya.
|