ABSTRAK
Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi umumnya didasarkan atas
dokumen hasil (result) proses penyelenggaraan pendidikan (document-based), yang
didukung dengan pengamatan sesaat pada pelaksanaan proses pendidikan yang
berjalan saat itu. Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang
didasarkan atas pengamatan proses pelaksanaan pendidikan yang utuh (processbased)
masih belum dikembangkan. Penilaian yang process-based sangat diperlukan
untuk penjaminan mutu internal perguruan tinggi
Penelitian dalam thesis ini, berusaha membangun satu model penilaian kualitas
proses pendidikan di perguruan tinggi, yang disebut HE-CMM (Higher Education
Capability and Maturity Model), dengan mengadopsi dan memodifikasi Capability
and Maturity Model (CMM) yang dikembangkan oleh Software Engineering
Institute Carnegie Mellon University (SEI-CMU). Alasan yang mendasarinya adalah
(1) adanya kemiripan (similarity) antara proses bisnis pendidikan dengan proses
bisnis pembangunan perangkat lunak dan (2) telah ada upaya untuk mengadopsi
CMM untuk digunakan di perguruan tinggi. HE-CMM mengadopsi dan memodifikasi
18 area proses dan membangun 5 area proses baru.
Framework HE-CMM ini diuji dengan studi kasus dan expert judgement beberapa
orang expert yang berpengalaman dalam pengelolaan proses pendidikan di perguruan
tinggi. Hasil pengujian tersebut menyatakan bahwa HE-CMM dapat digunakan
sebagai langkah awal pembangunan framework untuk penilaian proses pendidikan di
perguruan tinggi. Masih diperlukan serangkaian penelitian lanjutan agar HE-CMM
dapat diimplementasikan dengan baik.
Kata kunci: Higher Education Capability & Maturity Model, Penjaminan Mutu,
Penilaian kualitas berbasiskan proses.
|
|