ABSTRAK Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi umumnya didasarkan atas dokumen hasil (result) proses penyelenggaraan pendidikan (document-based), yang didukung dengan pengamatan sesaat pada pelaksanaan proses pendidikan yang berjalan saat itu. Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang didasarkan atas pengamatan proses pelaksanaan pendidikan yang utuh (processbased) masih belum dikembangkan. Penilaian yang process-based sangat diperlukan untuk penjaminan mutu internal perguruan tinggi Penelitian dalam thesis ini, berusaha membangun satu model penilaian kualitas proses pendidikan di perguruan tinggi, yang disebut HE-CMM (Higher Education Capability and Maturity Model), dengan mengadopsi dan memodifikasi Capability and Maturity Model (CMM) yang dikembangkan oleh Software Engineering Institute Carnegie Mellon University (SEI-CMU). Alasan yang mendasarinya adalah (1) adanya kemiripan (similarity) antara proses bisnis pendidikan dengan proses bisnis pembangunan perangkat lunak dan (2) telah ada upaya untuk mengadopsi CMM untuk digunakan di perguruan tinggi. HE-CMM mengadopsi dan memodifikasi 18 area proses dan membangun 5 area proses baru. Framework HE-CMM ini diuji dengan studi kasus dan expert judgement beberapa orang expert yang berpengalaman dalam pengelolaan proses pendidikan di perguruan tinggi. Hasil pengujian tersebut menyatakan bahwa HE-CMM dapat digunakan sebagai langkah awal pembangunan framework untuk penilaian proses pendidikan di perguruan tinggi. Masih diperlukan serangkaian penelitian lanjutan agar HE-CMM dapat diimplementasikan dengan baik. Kata kunci: Higher Education Capability & Maturity Model, Penjaminan Mutu, Penilaian kualitas berbasiskan proses.