ABSTRAK

FrontCRM merupakan sebuah kerangka kerja yang diturunkan melalui konsep CRM. Konsep CRM mencangkup beberapa aspek yakni aspek pemasaran, aspek penjualan dan aspek pelayanan. Dalam setiap aspek yang ada akan diidentifikasi dengan proses bisnis yang berkaitan dengan masing-masing kegiatan dari setiap aspek tersebut. Proses bisnis yang ada dapat diartikan sebagai sebuah konsep. Saat ini konsep yang ada pada FrontCRM masih berdiri sendiri sesuai dengan aspek yang ada, maka dari pada itu dalam melihat hubungan konsep yang satu dengan konsep yang lain sangatlah sulit.Ontologi merupakan teori yang yang menjelaskan mengenai sebuah konsep dan hubungan antar konsep tersebut. Dengan teori tersebut maka dapat memberikan suatu kemudahan dalam melihat konsep dan hubungan konsep yang terdapat dalam FrontCRM. Pada penelitian ini akan membangun kerangka kerja FrontCRM berdasarkan teori ontologi. Pemodelan ontologi ini akan dikodekan kedalam bahasa formal, yakni OWL. Pemodelan ontologi FrontCRM akan dimulai dari tahapan yang umum ke tahapan yang lebih spesifik. Dalam melakukan pemodelan ontologi yang berbasis OWL akan menggunakan tools Protege 4.1. Hasil pemodelan ontologi kerangka kerja FrontCRM didapatkan memiliki 450 konsep dan 5 hubungan yang berkaitan dengan konsep tersebut. Pengujian terhadap model ini dilakukan dengan menggunakan alat ukur konsistensi model ontologi yang disebut dengan Pellet. Hasil dari pengujian tersebut didapat bahwa model ontologi kerangka kerja FrontCRM merupakan model yang konsisten.