ABSTRAK

Persaingan bisnis dalam perusahaan jasa telekomunikasi semakin lama semakin berat dan ketat. Pelayanan dan kenyamanan customer merupakan alasan utama bagi perusahaan untuk membuat terobosan dalam meningkatkan hasil penjualan dan mempertahankan kepercayaan customer terhadap kinerja (performance) perusahaan dengan mengadopsi teknologi terkini. Enterprises Resource Planning (ERP) merupakan paket software komprehensif yang mengintegrasikan serangkaian proses bisnis perusahaan dalam rangka memberikan informasi secara kesatuan (holistik) dari sebuah bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor kritis (CSF) yang mempengaruhi keberhasilan implementasi ERP dalam perusahaan telekomunikasi dan apakah keberhasilan implementasi tersebut berdampak terhadap daya saing perusahaan. Faktor-faktor yang dianalis meliputi komitmen dan dukungan dari top manajemen, manajemen proyek yang efektif, BPR (Business Process Reengineering), pemilihan perangkat lunak dan perangkat keras, keterlibatan pengguna, dan pendidikan serta pelatihan user. Untuk menganalisis faktor-faktor kritis tersebut, disebarkan 80 kuesioner ke empat perusahaan telekomunikasi yang berada di kota Palembang yaitu PT.Telkom, Tbk, PT Indosat, PT XL Axiata, dan PT Telkomsel,Tbk. Hasil kuesioner tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Windows versi 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa ke enam faktor kritis yang dianalisis mempengaruhi kesuksesan implementasi ERP. Selain itu, kesuksesan tersebut juga memberikan dampak peningkatan daya saing perusahaan telekomunikasi. Dengan demikian teknologi ERP terbukti mampu memberikan peningkatan performance perusahaan telekomunikasi untuk menjawab persaingan pasar global.