ABSTRAK

Dalam usaha mencapai tujuan perusahaan dan memperoleh keunggulan terhadap pesaing, perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi berperan cukup besar. Penelitian ini dilakukan untuk membuat perencanaan strategis bagi sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) pada perusahaan yang bergerak di bidang advertising. Selain itu juga untuk mempelajari lebih dalam mengenai kegiatan perencanaan strategis SI/TI dengan menggunakan metode Enterprise Architecture Planning (EAP). Analisis dalam penerapan PSSI dengan metode EAP menggunakan pemodelan bisnis dan analisis kondisi sistem dan teknologi perusahaan saat ini untuk kemudian diteruskan dengan pemodelan EAP yang terdiri dari Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi dan Arsitektur Teknologi. Tools-tools yang akan digunakan antara lain: Activity Diagram, Value Chain, Matriks Pemetaan Proses Bisnis dan Entitas Data, Entity Relationship Diagram, dan analisis Arsitektur Teknologi yang diusulkan. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rencana pengembangan sistem-sistem informasi strategis yang selaras dengan strategi bisnis Citra Sriwijaya Advertising, dan Portfolio Aplikasi yang berisi aplikasi-aplikasi yang akan diusulkan kepada perusahaan. Harapan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui penerapan metode perencanaan strategis SI/TI menggunakan EAP, dengan demikian perusahaan advertising dapat memiliki gambaran mengenai kesesuaian langkah-langkah perencanaan strategis SI/TI menggunakan EAP dengan proses bisnis perusahaan, sehingga dapat menghasilkan Kerangka Perencanaan Strategis SI/TI yang tepat sasaran bagi kemajuan perusahaan.