ABSTRAK

Pelaksanaan kerja praktik dilakukan penulis mulai dari tanggal 7 Juni 2010 hingga 30 Juli 2010. Penulis melaksanakan kerja praktik di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sub Divisi Telkom Flexi. Pekerjaan yang dilakukan penulis adalah analisis dan perancangan sistem Customer Care Flexi (CCF). Sebelumnya sistem CCF ini sudah diimplementasikan di Telkom flexi selama kurang lebih 5 tahun, namun masih terdapat banyak kekurangan analisis dan perancangan di lakukan secara bertahap, mulai dari mendefinisikan kebutuhan pengguna, hingga menambahkan menu baru untuk kontrol pelaksanaan, mengatur SLA (Server Level Agreement) serta merancang tampilam sistem. Penulis mendapatkan manfaat dari beberapa teori yang dipelajari pada mata kuliah seperti analisis dan perancangan siste,. komunikasi bisnis dan teknik, manajemen teknolog informasi manajemen Keamanan Informasi, dan beberapa mata kuliah lainnya. Pelaksanaan kerja praktik membuat penulis mendapatkan pengalaman untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuannya secara lebih nyata dan mendalam