ABSTRAK

PT. Bakrie Telecom,tbk (BTEL) adalah perusahaan operator telekomunikasi berbasis CDMA di Indonesia. Bakrie Telecom memiliki produk layanan dengan nama produk Esia, Wifone, Wimode, dan BConnect (Wikipedia). Untuk menunjang kinerja karyawan, terutama Call Center agent yang banyak berinteraksi dengan customer, PT. Bakrie Telecom mengharapkan ada suatu modul aplikasi berbasis web (web-based) yang dapat digunakan secara internal di dalam perusahaan. EPR diharapkan menjadi sub-modul dari modul Customer Relationship Management yang bernama Unified Promo web module. Modul CRM ini merupakan sebuah modul web-based system yang dipakai untuk keperluan internal perusahaan untuk mengakses semua promosi-promosi Esia terhadap pelanggan prabayarnya. Sebelumnya memang sudah terdapat sebuah modul bernama Esia Prepaid Registration yang berjalan di atas plattform PHP standar. Namun, modul ini masih terpisah dengan Unified Promo web module sehingga terkadang dirasa kurang efisien bagi Call center agent (aktor yang memakai kedua modul tersebut; selanjutnya disebut aktor) dalam bekerja dengan menggunakan 2 (dua) buah modul yang terpisah karena aktor harus membuka 2 (dua) buah tab bersamaan ketika melayani pelanggan yang menelepon ke Call center, untuk menanggapi hal tersebut, pelaksana KP ditugaskan untuk membuat baru sub-modul EPR terintegrasi dengan Unified Promo web module dengan framework baru yaitu Zend PHP dan agar tampilan lebih baik digunakan Library JavaScript terbaru yaitu Ext JS 3.0. Tujuan dari pembuatan sub-modul ini supaya meminimalisasi aging handle complaint dari pelanggan.