ABSTRAK

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merupakan badan pemerintah, tepatnya di bawah Kementerian Riset dan Teknologi yang bergerak di bidang pemanfaatan teknologi untuk masyarakat. Pada struktur organisasi dari badan ini, terdapat bagian yang khusus menangani bidang teknologi informasi yaitu Pusat Data Informasi dan Standardisasi (PDIS). Pada kegiatan kerja praktik ini, penulis diberi kesempatan membuat suatu aplikasi jaringan Trouble Ticket Management System (TTMS) dan ditempatkan di PDIS selama lebih kurang delapan minggu. Aplikasi ini bertujuan untuk menggantikan cara konvensional untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada sebuah jaringan. Tipe dari TTMS adalah Web Application yang dapat berjalan di web browser atau aplikasi lain yang memiliki fungsi menampilkan web dan dapat diakses di mana saja asal memiliki koneksi internet. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa PHP dan dibantu dengan penggunaan framework Kohana untuk memudahkan modularisasi pada pengerjaan aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat dipertimbangkan untuk digunakan di lingkungan kerja BPPT pada umumnya dan PDIS khususnya.