Skripsi ini mendiskusikan tentang fungsionalitas electronic Customer Relationship Management (e-CRM) yang dibutuhkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) toko pakaian, dengan studi kasus di toko pakaian Mode Fashion Group. Penulis menggunakan wawancara dan kuesioner dalam mengumpulkan data. Wawancara dilakukan terhadap direktur Mode Fashion Group, sedangkan kuesioner dibagikan kepada beberapa manajer cabang Mode Fashion Group. Wawancara dan kuesioner disusun berdasarkan fungsionalitas CRM yang telah didefinisikan oleh Buttle. Buttle membagi fungsionalitas CRM berdasarkan aplikasi CRM, yaitu marketing automation, sales-force automation, dan service automation. Setiap aplikasi terdiri atas beberapa fungsionalitas. Fungsionalitas CRM juga merupakan fungsionalitas e-CRM. Hasil wawancara dan kuesioner dianalisis, dan penulis dapat mengetahui bahwa UMKM toko pakaian tidak membutuhkan semua fungsionalitas e-CRM. Fungsionalitas yang dibutuhkan lebih difokuskan pada marketing automation dan untuk mempertahankan pelanggannya.
|
|