Tugas akhir ini mengeksplorasi mengenai bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai sosial CRM channel di lingkungan Universitas Indonesia studi kasus Fakultas Ilmu Komputer UI. Konsep sosial CRM yang diterapkan dengan menambahkan penggunaan media sosial ke dalam sistem informasi di UI yang diindikasikan memiliki fitur-fitur CRM. Kedua sistem informasi tersebut telah diteliti memiliki beberapa fitur CRM. Konsep sosial CRM yang diterapkan menggunakan prinsip perluasan dari penggunaan media sosial di lingkungan mahasiswa agar tercipta suatu kolaborasi antara mahasiswa dan pihak universitas secara langsung atau real-time. Lingkup faktor fungsionalitas CRM yang diteliti adalah bagian bagian layanan dari sistem informasi yang sudah memiliki fitur-fitur CRM, yaitu SIAKNG dan situs penerimaan UI. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisa hasil penelitian sebelumnya, studi literatur dan survei untuk validasi. Hasil dari penelitian ini memberikan rancangan penggunaan fitur-fitur pada media sosial yang sesuai dengan fungsionalitas layanan dari sistem informasi tersebut, sehingga konsep sosial CRM dalam bentuk kolaborasi dengan mahasiswa sebagai konsumen dapat diterapkan di lingkungan Universitas Indonesia.
|
|