Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menyediakan buku pelajaran sekolah yang murah dan mudah diakses. BSE tersedia dalam bentuk buku cetak dan buku elektronik yang dapat diakses melalui situs BSE (BSE online). Penggunaan BSE online di tingkat Sekolah Dasar (SD) belum optimal karena siswa dan guru belum mengetahui keberadaan situs BSE. Oleh sebab itu, penelitian ini menganalisis penggunaan BSE online dari sisi pengembangan aplikasi dan pemanfaatan di SD. Penelitian ini menggunakan gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan penelitian berupa wawancara mendalam di Pustekkom dan survei penggunaan BSE di SDN Srengseng Sawah 15 Pagi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan BSE dalam bentuk buku elektronik belum dapat dioptimalkan oleh siswa SD karena mereka masih menggunakan BSE dalam bentuk buku cetak. Hal tersebut disebabkan oleh ketidaktahuan mereka dengan keberadaan situs BSE, lingkungan sekolah yang belum terbiasa menggunakan buku elektronik dan jaringan internet yang belum memadai. Desain antarmuka BSE online juga kurang memperhatikan faktor pengguna sehingga siswa SD mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Rancangan desain dibuat dengan memperhatikan aspek Human Computer Interaction (HCI) berdasarkan analisis penggunaan oleh siswa SD.