Perolehan iklan adalah proses menampilkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakai. Suatu dokumen iklan dinilai relevan terhadap kueri jika dokumen iklan yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan informasi pemakai. Perolehan iklan dalam tugas akhir ini menggunakan teknik clustering dan perluasan kueri dengan metode pseudo relevance feedback, clustering, dan pemanfaatan mesin pencari dengan korpus yang lebih besar. Pada teknik clustering, koleksi dokumen dikelompokkan terlebih dahulu, kemudian dilakukan pencarian dokumen iklan pada cluster yang sesuai dengan kueri. Pada teknik pseudo relevance feedback, beberapa dokumen hasil perolehan iklan dianggap sebagai dokumen yang relevan, kemudian informasi yang mempunyai bobot yang tinggi akan digunakan untuk memperbaiki perolehan dokumen iklan. Pada teknik pemanfaatan mesin pencari, hasil perolehan dokumen dari mesin pencari yang memiliki korpus yang lebih besar digunakan untuk melakukan penambahan kueri yang kemudian dimanfaatkan untuk memperbaiki perolehan dokumen. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil terbaik diperoleh dengan menggunakan perluasan kueri menggunakan pendekatan clustering (12.65% lebih tinggi dari kueri awal), dimana kata-kata yang ditambahkan pada kueri merupakan kata-kata dengan bobot tertinggi dari cluster yang paling sesuai dengan suatu kueri.
|
|