ABSTRAK

Banyak perusahaan mengadopsi Knowledge Management (KM) karena beberapa keuntungan yang diperoleh dari KM. Keuntungannya antara lain adalah dengan KM perusahaan bisa mempertahankan keahlian karyawan, meningkatkan kepuasan pelanggan dengan produk perusahaan, meningkatkan keuntungan perusahaan. Salah satu perusahaan yang mengadopsi KM adalah PTAS, sebuah perusahaan dalam grup Amdocs. PTAS adalah penyedia perangkat lunak untuk billing, customer relationship management (CRM), dan operations support systems (OSS) untuk operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Penilaian dampak penerapan KM pada PTAS perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat KM bagi perusahaan. Penilaian ini dilakukan dengan menggunakan model dampak KM terhadap orang, proses, produk dan kinerja organisasi. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji kesesuaian model dan uji hipotesis dilakukan terhadap model, yang pada akhirnya menimbulkan kesimpulan bahwa dampak positif paling signifikan adalah dampak peningkatan produk terhadap kinerja perusahaan. Artinya peningkatan dalam kualitas dan kuantitas produk secara parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja perusahaan.