ABSTRAK

Implementasi Sistem Informasi Teknologi Informasi (SI/TI) dalam bisnis telah mengalami perkembangan yang demikian pesat, peran Sistem Informasi Teknologi Informasi (SI/TI) tidak hanya menjadi suatu dukungan atau support, namun juga berperan sebagai key operational , high potential dan peran strategic (Ward & Peppard, 2002). Saat ini tingkat persaingan di dunia perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa asuransi sangatlah tinggi, sehingga untuk memenangkan persaingan diperlukan suatu perencanaan strategi SI/TI yang dapat mendukung kegiatan bisnis perusahaan. Penelitian ini membantu PT. Asuransi XXX dalam pembuatan perencanaan strategi SI/TI guna melaksanakan dan mendukung proses bisnis, dimana perencanaan strategis SI/TI nantinya bermanfaat dalam mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan adalah merumuskan masalah, melakukan studi literatur dengan mempelajari beberapa metodologi, jurnal dan struktur dokumen perencanaan strategis SI/TI, melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara (depth interview), menganalisis existing sistem proses pembuatan perencanaan strategis SI/TI dan analisis struktur dokumen perencanaan strategis SI/TI, kemudian melakukan analisis persamaan dan perbedaan perencanaan strategis SI/TI. Analisis strategis menggunakan metode analisa SWOT, analisa Critical Success Factor (CSF), analisa Value Chain, Pendekatan Portofolio McFarlan’s, analisa PEST dan The Five Competitive Forces Porter,. Perencanaan strategis SI/TI menggunakan Tahapan Kerangka Kerja Perencanaan Strategi Informasi model Price Waterhouse. Hasil yang diharapkan penelitian ini adalah kerangka perencanaan strategi yang terintegrasi sehingga memudahkan manajemen mengelola sumberdaya untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan, sehingga dapat digunakan secara bersama oleh semua pihak.