ABSTRAK

Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mulai menjamur dan meningkat dengan pesat. Namun perilaku dari pengguna ini sebagian besar masih terbatas di aktivitas peramban internet, surat elektronik dan layanan mengobrol melalui dunia maya. Sedangkan untuk aktivitas belanja online masih jarang dilakukan. Tujuan utama dari karya akhir ini adalah mempelajari dan menganalisa perilaku dari pengguna internet dalam belanja online ini, khususnya di Indonesia. Dari analisa ini diharapkan bisa diketahui faktor apa saja yang banyak mempengaruhi perilaku belanja online. Dari faktor–faktor itulah diharapkan bisa dipahami mengapa aktivitas belanja online ini jarang dilakukan oleh pengguna internet di Indonesia. Di dalam karya akhir ini dibahas mengenai faktor–faktor sisi TI dan juga non TI-nya yang berpengaruh, agar bisa mendapatkan masukan-masukan tentang untuk meningkatkan minat belanja online para pengguna internet ini. Metodologi yang dipakai adalah dengan mencari poin-poin penting yang bisa mempengaruhi keputusan berberlanja online dari review jurnal, kemudian membandingkannya dengan data yang didapat dari survei dan kuesioner, lalu dicari relevansinya untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Dari sinilah akan didapat faktor apa saja yang berpengaruh penting terhadap keputusan para pengguna internet di Indonesia untuk berbelanja online, dan bisa memanfaatkan data ini bagi mereka yang berminat untuk mengembangkan usahanya, karena belanja online ini memiliki nilai komersial yang sangat besar.