ABSTRAK

Dengan meningkatnya persaingan bisnis otomotif di Indonesia, maka INDOMOBIL NISSAN GROUP sebagai salah satu perusahaan otomotif di Indonesia menjawab tantangan ini dengan strategi memperluas jaringan pemasaran, pelayanan/servismelalui penambahan cabang (dealer). Hal ini ternyata berimbas terhadap meningkatnya kompleksitas terhadap pengelolaan dan pemantauanSumber Daya Manusia (SDM)yang penambahannya cukup signifikan. Sehingga INDOMOBIL NISSAN GROUP berusaha menjawabnya persoalan ini melaluipenerapan sistem informasiterkait pengelolaan SDM yaitu Human Resources Information System (HRIS). Penelitian ini dilakukan untuk menyusun strategi manajemen perubahan dalam mendukung penerapan sistem informasi HRIS pada perusahaan. Penyusunan strategi manajemen perubahan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan System Thinking. Kemudian dilanjutkan dengan Analytic Hierarchy Process(AHP) untuk menentukan prioritas dari manajemen perubahan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa manajemen perubahan yang memiliki prioritas tertinggi untuk dilaksanakan adalah menyangkut mendefinisikan kembali jobdescription karyawan yang terlibat dalam penggunaan HRIS, membentuk unit pelatihan khusus terkait implementasi HRIS serta membangun e-leadership dalam organisasi.