ABSTRAK
Persaingan usaha dalam jasa pembiayaan semakin tinggi, hal ini terbukti dengan tumbuhnya perusahaan pembiayaan baru yang menawarkan layanan sejenis yang ditawarkan PT.XYZ. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, PT. XYZ melalui divisi Customer Relationship Management (CRM) terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya. Dalam penelitian ini dibahas mengenai masalah perancangan data warehouse dan data mining untuk mendukung CRM PT. XYZ dalam mengambil keputusan dengan menyajikan laporan secara analitik. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, pemahaman kebutuhan bisnis dan informasi, perancangan data warehouse dan penerapan data mining dengan metode Cross-Industry Standard Process for Data mining (CRISP-DM). Penerapan data mining dilakukan untuk mengklasifikasikan pelanggan yang akan repeat order (RO) dan membandingkan dua algoritma yang digunakan yaitu decision tree dan Support Vector Machine (SVM).Hasil penelitian berupa data warehouse yang dapat mempresentasikan informasi jumlah booking, pelanggan bad account dan pelanggan repeat order. Selain itu hasil penelitian juga berupa penerapan data mining yaitu pola pelanggan yang akan RO dan berdasarkan pengukuran akurasi dengan confusion matrix dan 10-fold cross validation menunjukkan algoritma SVM memiliki akurasi yang lebih baik dari algoritma decision tree.
|