ABSTRAK
Teknologi informasi mengandung kesempatan dan sekaligus juga risiko sehingga perlu dikelola dengan baik seperti halnya dengan tiga sumber daya utama bisnis yang lain yaitu: manusia, uang dan mesin. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk berinvestasi secara efisien dan efektif pada SI/TI yang dapat menghasilkan nilai bisnis bagi perusahaan. Keselarasan antara strategi SI/TI dengan strategi bisnis diperlukan agar perusahaan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi di bidang SI/TI. PT JS sebagai perusahaan yang telah lama bergerak di bidang keuangan mengalami masalah: manajemen informasi yang tidak efektif atau tidak tepat sasaran. Hal ini ditandai dengan timbulnya gejala permasalahan seperti tidak adanya sistem informasi yang dapat memantau dan mengontrol biaya keagenan, tidak tersedianya data pendukung dokumen tender, dan sebagainya. Selain itu, PT JS juga menghadapi permasalahan sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik. Dengan adanya peta strategi sistem informasi, akan membantu PT JS menerapkan strategi SI/TI yang berkontribusi terhadap pencapaian sasaran strategis perusahaan. Perumusan peta strategi SI dimulai dari penentuan alternatif strategi dengan menggunakan TOWS matriks. Kemudian dilakukan perumusan strategi bisnis. Setelah itu dilakukan penentuan sasaran-sasaran strategis untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam peta strategi sehingga dihasilkan peta strategi tingkat korporat. Kemudian dilakukan perumusan peta strategi SI melalui proses cascading dari peta strategi korporat. Proses berikutnya adalah melakukan analisis SWOT SI/TI untuk merumuskan strategi SI/TI. Kemudian dilakukan penentuan sasaran strategis SI/TI dan selanjutnya dimasukkan ke dalam empat perspektif balanced scorecard sehingga didapatkan peta strategi SI yang ke dua. Hasil peta strategi SI yang pertama dikombinasikan dengan hasil yang ke dua dan didapat peta strategi SI versi gabungan. Usulan peta strategi SI versi gabungan di validasi melalui metode wawancara sehingga didapat peta strategi SI versi akhir. Hasil dari karya akhir ini adalah sebuah model peta strategi SI PT JS yang terdiri dari 2 sasaran strategis untuk perspektif pelanggan, 8 sasaran strategis untuk perspektif proses internal dan 4 sasaran strategis untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
|