ABSTRAK

Sebuah produk aplikasi telepon seluler yang memiliki akses ke layanan jejaring sosial online seperti Facebook dan Twitter telah dipasarkan sejak tahun 2009 dengan sistem berlangganan untuk akses datanya. Hingga akhir tahun 2010 jumlah penggunanya telah meningkat tajam hingga mencapai lebih dari dua juta pendaftar. Namun meskipun jumlah pengguna yang telah terdaftar tersebut tinggi, jumlah pengguna aktif yang tiap bulannya melakukan perpanjangan masa berlangganan setelah melewati masa promosi di bulan pertama jauh lebih rendah, yaitu hanya sekitar 300 ribu pengguna. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan bagi pengelola produk layanan tersebut. Bagaimana pola perilaku pengguna layanan tersebut? Karya akhir ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan untuk melihat bagaimana pola perilaku pengguna jejaring sosial online yang menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini memanfaatkan data yang dikumpulkan dari profil pengguna layanan dan catatan penggunaan layanan dari penyedia layanan. Hasilnya adalah pola perilaku pengguna layanan berupa statistik deskriptif dari aktifitas pengguna layanan dan profil pengguna layanan. Dari hasil tersebut antara lain ditemukan bahwa perilaku pengguna jejaring sosial online berbasis telepon seluler memiliki kesamaan dengan perilaku pengguna jejaring sosial online pada umumnya namun memiliki karakteristik pengguna mobile seperti jarak antar sesi yang berdekatan dan peluang kemunculan durasi sesi yang cukup panjang. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi penyedia layanan untuk menentukan strategi pengembangan dan peningkatan kualitas layanan jejaring sosial yang dimiliki dan juga menjadi referensi bagi pengembangan layanan serupa.