ABSTRAK

Perubahan adalah suatu kejadian yang akan selalu terjadi sepanjang masa. Organisasi saat ini harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi karena didorong oleh tuntutan bisnis. Oleh karenanya perubahan harus dikelola agar tidak membawa dampak buruk bagi organisasi, bahkan agar dapat membawa organisasi kepada pencapaian visi melalui pelaksanaan misi organisasi. Manajemen perubahan (change management) dibutuhkan untuk meminimalkan risiko serta mengurangi resistensi yang muncul saat adanya perubahan dan merupakan pendekatan untuk merencanakan, membuat desain, menerapkan, mengelola, mengukur, dan mempertahankan perubahan dalam proses bisnis dan pekerjaan. Dengan berkembangnya bisnis hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, dibutuhkan sistem baru untuk mengakomodasi kebutuhan yang ada. Selain itu, pemenuhan compliancy terhadap operator Starwood juga dibutuhkan agar hotel ini dapat makin berkembang. Pembuatan strategi manajemen perubahan yang tepat dibutuhkan untuk mendukung penerapan sistem baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi manajemen perubahan yang sesuai untuk mendukung penerapan sistem baru dan dapat meminimalkan gangguan yang mungkin akan mengganggu kegiatan bisnis.