ABSTRAK

Tesis ini membahas perancangan Knowledge Management System (KMS) dengan melakukan studi kasus di PT. XYZ. Penelitian ini adalah penelitian action research dengan metofe kualitatif dan semi-kuantitatif, dan dengan pendekatan deskriptif-interpretif. Penelitian dimotivasi oleh masih kurangnya studi tentang KMS terutama pada bidang area organisasi yang bergerak pada bisnis jasa konsultasi TI, dimana peneliti selama ini bekerja. Penelitian dimulai dengan menganalisa strategi SWOT (strategi bisnis) saat ini yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dalam perjalanan bisnisnya dengan tujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan strategiknya dan dimana posisi knowledge dibutuhkan untuk mendukung pengeksekusian strategi bisnis tersebut. Hasil akhir penelitian akan memberikan serangkaian rancangan strategi KM dan model KMS dalam bentuk UML (Unified Modelling Language) yang dapat diterapkan pada perusahaan. Rancangan strategi KM mengadopsi dari kerangka kerja gabungan Tiwana, Zack dan Hansen, terdiri dari 4 strategi KM yaitu: personalisasi/kodifikasi, internal/eksternal, ekploitasi/eksplorasi, dan agresif/konservatif. Sedangkan, model KMS dengan menggunakan metode UML terdiri dari dua diagram dasar yaitu: Use-case dan class diagram, ditambah 1 buah grand design diagram untuk melihat rancangan KMS secara global. Diharapkan, rancangan dapat dikembangkan lagi menjadi lebih konkrit yaitu sebuah portal KMS (berbasis web) yang akan berguna bagi pengelolaan knowledge perusahaan secara menyeluruh (dari tingkat manajemen atas hingga operasional).