ABSTRAK

PT XL Axiata, Tbk pada saat ini merupakan penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan cakupan jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia bagi pelanggan ritel dan menyediakan solusi bisnis bagi pelanggan korporat. Layanan XL mencakup antara lain layanan suara, data, dan layanan nilai tambah lainnya (value added services). Untuk mendukung layanan-layanan ini, perusahaan harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan semua konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen merupakan aset utama perusahaan dimana tanpa adanya konsumen perusahaan juga tidak akan mungkin mendapatkan profit atau keuntungan. Loyalitas pelanggan harus senantiasa dipertahankan oleh perusahaan karena fakta yang ada menunjukkan bahwa dibutuhkan biaya lima hingga sepuluh kali lebih besar untuk mendapatkan konsumen baru dibandingkan dengan biaya untuk mempertahankan konsumen lama. Karena itu XL menggunakan SAP CRM Solution untuk mengoptimalkan sumber daya penjualan, mengurangi biaya administrasi terkait interaksi dengan konsumen, dan merealisasikan bisnis proses yang mengarah kepada konsumen perusahaan secara konsisten. Diharapkan dengan menerapkan SAP CRM Solution ini perusahaan juga dapat memaksimalkan profit atau keuntungan, pendapatan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, implementasi SAP CRM juga terintegrasi dengan SAP ERP yang digunakan internal perusahaan untuk mempermudah integrasi data dan proses bisnis yang terjadi.