ABSTRAK

IT Corporate Center Solution (IT CCS) adalah salah satu departemen dalam grup Technology and Operation pada struktur organisasi Bank XYZ. Departemen tempat saya dan rekan sekelompok kerja praktik, bertugas menerima keluhan dari para user di Bank XYZ, yang terkait dengan sistem SAP yang mendukung kelangsungan proses bisnis Bank XYZ. Keluhan ini kemudian akan diperiksa dan dianalisis, untuk dicari solusi perbaikan sistemnya. Sehingga para user dapat kembali memanfaatkan sistem dengan lancar dan baik. Seiring berjalannya waktu, jumlah transaksi yang berjalan dalam Bank XYZ semakin banyak, sehingga terdapat beberapa data yang tidak sinkron antara sumber (source) dari SAP R/3 dengan data tujuan (destination), yaitu pada SAP Business Warehouse (BW) dan SAP Performance Management System (PMS). Ketidaksesuaian data ini ditemukan dan dilaporkan oleh para user yang memakai sistem SAP Bank XYZ pada departemen IT CCS (Corporate Center Solution). Adanya masalah ketidakcocokan data antara source dan destination ini memicu departemen IT CCS untuk melakukan tindakan perbaikan pada proses Interface SAP BW dan PMS. Tindakan perbaikan dilakukan dengan mencari dan menganalisa letak kesalahan data, untuk kemudian direkonsiliasi dan dibuat rancangan perbaikannya. Output yang dihasilkan dari kerja praktik penulis berupa laporan rekapitulasi hasil perbandingan data antara PMS (SAPCO6) dan BW (RSA3), beserta flowchart pemetaan data dari CO ke SAPCO6 maupun RSA3 berikut penjelasannya.